Pengoperasian Kasir Laundry Yuk !




Inilah bagian yang paling diunggulkan dari software Laundry Yuk ! Menu kasirnya sangat sederhana dan mudah di operasikan. Ayo kita bahas satu persatu.


Nomer Nota & Identitas



Nomer nota merupakan nomer unik yang terdiri dari 7 digit, dengan 4 digit pertama merupakan penanda bulan dan tanggal dan 3 terakhirnya merupakan urutan laundry pada hari itu. Jai seperti gambar diatas nomer nota 1117001 berarti nota bulan 11 tanggal 17 urutan nomer 001.

Identitas konsumen dapat dimasukkan secara bebas dan bisa juga berdasarkan database pelanggan yg telah terdaftar, dengan memasukkan nomer pelanggan ( id unik yg digunakan nomer telpon) dan kemudian menekan tombol "cari pelanggan" dan otomatis identitas pelanggan yang terdaftar akan muncul. Begitu juga jika pelanggan memiliki deposit cucian akan otomatis terupdate pada menu.


Rincian Cucian



Tiap item cucian dapat ditambahkan kedalam kolom detail cucian yang dimiliki konsumen. Disediakan juga pilihan cepat dengan dropdown menu. Tekan tombol (+) untuk menambah item dan tombol (-) untuk mengurangi jumlah item.


Jika item cucian tidak ada dan harganya tidak cocok atau berubah maka tiap item dikolom detail dapat di klik dan diubah sesuai kebutuhan. Untuk kolom JENIS bisa dipilih jenis cucian apakah masuk kedalam cucian kiloan atau satuan. Secara otomatis harga satuan dan kiloan akan terpisah sesuai harga yang telah ditentukan pada menu setup.


Harga dan Waktu Pengerjaan




Umumnya laundry kiloan melayani jenis cucian yang beragam seperti cuci basah, cuci kering, cuci setrika maupun setrika saja. Pilihlah sesuai kebutuhan konsumen dan secara otomatis harga dikeluarkan sesuai berat dari cucian kiloan. Jika pelanggan memiliki deposit dan hendak memakai depositnya maka bisa dimasukkan pada kotak input "pakai deposit".



Penyelesaian cucian umumnya 3 hari dan bisa diedit apabila dibutuhkan. Harga total dihitung berdasarkan kombinasi berat cucian kiloan dan satuan dikurangi jumlah deposit yang digunakan dan diskon yang diberikan. Diakomodir juga pembayaran tidak penuh atau menggunakan uang muka / DP.


3 pilihan cucian expres dapat juga dipilih dan secara otomatis harga berubah sesuai faktor pengali yang telah ditentukan di menu setup. 


Upload Foto Cucian



Untuk lebih meningkatkan kepercayaan pelanggan maka disediakan fasilitas upload foto cucian. Fasilitas ini sangat dibantu dengan semakin murahnya smartphone sehingga foto dapat langsung diupload dengan bantuan kabel data atau koneksi bluetooth ke komputer, dan kemudian diupload dengan cara seperti gambar diatas. Jika sukses akan muncul gambar seperti berikut:




Printout Nota


Printout dari nota software Laundry Yuk ! menggunakan printer apa saja asal bisa nyambung ke komputer. Trik yang digunakan oleh Landry Yuk ! untuk menghemat biaya adalah memanfaatkan printer inkjet/deskjet/infus yang sangat terjangkau. Kertas nya pun bisa menggunakan kertas A4 yang dibagi 3. Karena printer inkjet tidak bisa tembus seperti dotmatrix + karbon maka diakali dengan menggunakan warna kertas berbeda  untuk nota bagi pelanggan dan administrasi toko. Nota dapat di print lagi dengan menekan tombol "print lagi" .




Sebagai soft copy dari nota maka disediakan juga capture nota pada folder log/nota/


You Might Also Like

2 komentar

  1. Saya perlukan coding system laundry ini.please

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa butuh codingnya mbak? kontak saya aja di WA: 08155737755

      Hapus

test

Flickr Images